Petualangan ‘Lost In Translation’ di Jepang

Menelusuri Lokasi Syuting Film Hollywood di Tokyo

Lost In Translation

Saya masih ingat alasan utama saya untuk berkunjung ke Jepang, yaitu hanya untuk melewati penyeberangan paling ramai se-dunia, Shibuya Crossing. Ide ini muncul pertama kali ketika saya menonton film Lost In Translation, sebuah film yang disutradarai oleh Sofia Coppola dan sempat dinominasikan dalam ajang Academy Awards. Ternyata bukan hanya saya saja yang tertarik untuk mengunjungi lokasi syutingnya namun banyak turis mancanegara yang juga berburu untuk menemukan setiap sudut Jepang yang masuk dalam film Hollywood ini.

Sebuah film yang ditayangkan di layar lebar pada tahun 2003 ini memang menarik perhatian banyak orang. Bukan hanya soal kepiawaian aktor (Bill Murray) dan aktrisnya (Scarlett Johansson) namun juga pemilihan latar utama film ini yaitu di Jepang, tepatnya kota metropolitan terbesar di dunia, Tokyo. Nah, untuk yang penasaran mengenai tempat-tempat yang jadi lokasi syuting flm Lost In Translation, ini dia panduannya:

1. Park Hyatt

Hotel yang satu ini memang menjadi salah satu latar utama dari film Lost in Translation. Kegalauan kedua tokoh utama disandingkan dengan kamar mewah dan juga elegan, ditambah dengan pemandangan spektakuler Tokyo dari atas. Satu yang spesial dari hotel ini, Park Hyatt memiliki salah satu bar terbaik di Tokyo, yaitu New York Bar and Grill. Bar inilah yang juga banyak ditampilkan dalam film ini.

2. Shibuya

Tempat satu ini juga menjadi salah satu scene pembuka dalam film ini. Tempat di mana Charlotte (Scarlett Johansson) menyeberangi Shibuya Crossing dan terlihat terperangah dengan pemandangan sekitarnya. Memang terasa ada magis dan atmosfir tersendiri ketika Anda menyeberangi Shibuya Crossing. Selain itu, pada scene Bob Harris (Bill Murray) berkaraoke dengan Charlotte dan teman-teman Jepangnya, tempat karaoke ini juga terletak di Shibuya, tepatnya adalah Karaoke-Kan. Memang kalau didatangi langsung, tempat ini hanyalah tempat karaoke biasa namun beberapa ruangan memiliki pemandangan keren lewat jendelanya.

Ada juga Adores, tempat di mana Charlotte melihat-lihat anak muda Jepang yang gila main game, letaknya juga di Center Gai, Shibuya. Masih mau eksplor lokasi syuting Lost In Translation yang berlokasi di Shibuya? Cobalah Shabu Zen, sebuah restoran tempat Bob & Charlotte memiliki scene yang cukup tegang. Lokasi pastinya adalah di area basement dari Hotel Creston.

3. Ichikan

Penasaran restoran sushi tempat Bob dan Charlotte makan? Langsung saja coba kenikmatan sushi dan sake di Ichikan. Terlihat juga kan chef yang menyajikan sushi di film ini? Nah, chef di film ini tuh sebenernya adalah pemiliki restoran ini. Restoran ini masih terletak di kawasan Shibuya, tepatnya di dekat stasiun Daikanyama.

4. Night Scene

Ada beberapa scene di film ini di mana Bob dan Charlotte datang ke klub malam. Pertama mereka datang ke pesta dari teman Jepangnya Charlotte, lokasi pastinya yaitu Air. Klub malam ini merupakan salah satu yang paling terkenal di Tokyo. Jika Anda memang menyukai clubbing, cobalah datang ke sini dengan biaya masuk antara ¥2500 dan ¥4000 (sudah termasuk satu minum). Setiap minggunya menampilkan DJ top.

Dalam film ini juga sering menampilkan pemandangan malam hari yang dipenuhi lampu neon dari billboard dan gedung-gedung. Kebanyakan di sekitar Shinjuku, salah satunya ketika Bob berada di dalam taksi, terlihat sisi Kabuki-cho di Yasukuni Dori.

Penasaran dengan scene di mana terdapat penari striptease yang setengah telanjang? Ups.. jangan kecewa karena tempat ini ternyata hanyalah fashion boutique yang dijadikan tempat pesta dadakan.

5. Kuil

Memang tak lengkap rasanya mengambil latar di Jepang tanpa menampilkan kuil. Beberapa kuil yang sempat didatangi Charlotte terletak di Tokyo dan Kyoto. Jika Anda di Tokyo dan penasaran dengan kuil kecil yang didatangi Charlotte, cobalah merapat ke Jugan-ji yang terletak di sebelah selatan Stasiun Nakano Sakaue (Marunouchi Line). Sedangkan kuil cantik di Kyoto, salah satunya adalah Nanzen-ji.

Petualangan ‘Lost In Translation’ di Jepang tak lengkap jika belum ditutup dengan ending scene dari film ini di mana Bob membisiki Charlotte dengan kata-kata misterius yang tak seorang pun tahu. Cobalah cari spot tersebut di sekitar Plaza Dori, dekat kantor pos Shinjuku dan Chuo Dori.

Selamat menjelajah Jepang dengan gaya ‘Lost In Translation’. Makin syahdu jika ditemani dengan original soundtrack-nya juga!

0
0
Cet article était-il utile ?
Help us improve the site
Give Feedback

Laissez un commentaire

Retour au contenu

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.