Taman Suizenji: Miniatur Jepang

Gunung Fuji, Fushimi Inari, Tokaido

Kalau Gunung Fuji yang berada di pusat Pulau Honshu terkenal dengan puncak berselimut saljunya, Kyushu juga memiliki Gunung Fuji yang berselimut rumput hijau. Ya, di Taman Suizenji, pengunjung bisa melihat miniatur Gunung Fuji berwarna hijau serta beberapa replika tempat-tempat terkenal di Jepang lainnya.

Taman Suizenji (水前寺成趣園) adalah sebuah taman yang terletak di Perfektur Kumamoto, dan merupakan taman yang terkenal karena berisi replika tempat-tempat populer di seluruh Jepang seperti Gunung Fuji dan Kuil Fushimi Inari di Kyoto. Awalnya Taman Suizenji ini merupakan sebuah kuil yang disebut Kuil Suizenji, namun pada sekitar tahun 1960-an, sang pemilik membangun taman yang mengeliliingi kuil tersebut. Di dalam Taman Suizenji terdapat kolam besar dimana letak kolam tersebut, juga pepohonan serta bukit-bukit (replika Gunung Fuji) yang ada, memiliki makna tersendiri—menggambarkan 53 stasiun Tokaido, sebuah rute terkenal yang menghubungkan Edo dengan Kyoto.

Tidak hanya replikan Gunung Fuji dan Kuil Fushimi Inari, di sini pengunjung juga dapat melihat patung-patung dari para kaisar yang tersohor di Jepang dan Kumamoto khususnya. Pengunjung juga dapat mencari tahu lebih banyak mengenai sejarah Kumamoto, dari keterangan-keterangan yang terdapat pada setiap replika atau patung. Jangan lupa juga untuk mampir dan berfoto di Kuil Izumi yang berada di sisi utara taman, tepatnya di seberang replika Gunung Fuji, sembari menikmati teh tradional Jepang dengan pemandangan Taman Suizenji yang membentang hijau di depan mata.

Taman Suizenji merupakan objek wisata utama setelah Kastil Kumamoto, dan termasuk ke dalam daftar wajib tempat yang dikunjungi ketika berada di Kumamoto. Taman Suizenji juga menjadi tempat terbaik di Kumamoto untuk melihat mekarnya bunga sakura. Sedangkan pada musim panas, Taman Suizenji akan menjadi begitu indah dengan didominasi warna hijau dari rerumputan dan pepohonan, ditambah pancaran cahaya matahari musim panas yang membawa suasana begitu hidup di seluruh sudut taman. Segala keindahan ini membuat salah satu situs online resmi Jepang menyebutkan bahwa Taman Suizenji masuk ke dalam daftar taman terindah di Jepang.

Selain tamannya yang memesona, fasilitas yang tersedia di Taman Suizenji juga memanjakan para pengunjung. Terdapat penyewaan yukata dan kimono dengan harga sewa hanya ¥100, serta kios-kios penjual pernak-pernik lucu khas Kumamoto. Prefektur Kumamoto memiliki maskot yang sangat terkenal yaitu Kumamon, dimana pernak-perniknya sangat mudah ditemukan di sini. Di pinggir danau terdapat sebuah ruangan dengan desain Jepang kuno yang digunakan sebagai ruangan istirahat yang dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis dan juga air conditioner. Fasilitas lainnya seperti kamar mandi yang dapat dengan mudah diakses oleh pengguna kursi roda, ruang istirahat dengan wifivending machine, dan berbagai restoran dapat ditemukan juga dalam taman ini.

Sangat mudah untuk mencapai Taman Suizenji karena terdapat stasiun trem di dekat gerbang masuk taman. Jika memilih untuk naik trem, Anda harus turun di Suizenji Park Station dan berjalan kaki sekitar 5 menit menuju gerbang masuk taman. Harga tiket masuk juga cukup terjangkau, yaitu ¥200 untuk pelajar SD dan SMP, serta ¥400 untuk umum dan pelajar SMP dan SMA. Di pintu masuk juga disediakan kursi roda untuk disewakan. Jangan lupa juga membawa makanan ikan atau burung karena memberi makan ikan dan burung menjadi salah satu kegiatan wajib dicoba di Taman Suizenji. Selamat bertualang!

0
0
Cet article était-il utile ?
Help us improve the site
Give Feedback

Laissez un commentaire

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.